ANEWSPATRON.COM, Kundur-Kejaksaan Negeri Karimun Cabang Tanjung Batu menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Cabang Tanjung Batu, Charles Hutabarat, S.H., M.H, selaku Komandan upacara, bertempat dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Karimun di Tanjung Batu, Senin (03/06/2024).

Dalam acara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024, diikuti oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karimun Tanjung Batu, Charles Hutabarat, beserta jajarannya dan siswa-siswi SMAN 01 Kundur.

Adapun tujuan dilibatkannya para siswa maupun siswi di upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 tersebut oleh Kepala Cabang Kejaksaan Tanjung Batu, bertujuan agar para siswa maupun siswi dapat mendalami arti Pancasila yang sesungguhnya.

Charles Hutabarat, S.H., M.H, yang ditemui diruang kerjanya seusai upacara, Senin (03/06) menyampaikan.


Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini kita laksanakan dengan siswa dan juga siswi SMAN 01 Kundur, guna memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pentingnya pemahaman, bahwa Pancasila harus menjadi pedoman dalam melaksanakan berbagai tugas maupun kewajiban, sehingga penerapan butir-butir Pancasila dapat dipergunakan untuk menjaga Negeri, yang kita cintai ini dari berbagai tantangan zaman, pungkasnya.

Dikatan Charles Hutabarat, S.H., M.H, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, yang merupakan Bapak Pendiri Bangsa, dan pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945, didepan Sidang Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Sementara itu, Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.Dan tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong  Indonesia yang lebih maju, mandiri serta berdaulat, tutur Charles Hutabarat, S.H., M.H.(Redaksi/Mj)