Anewspatron.com, Belat_Karimun - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali akan menggelar Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) melalui Direktur Jendral (Dirjen) Bina Pemerintah Desa (Pemdes) tahun 2024.

Kendati dari Empat Desa yang digadang-gadangkan sebagai Desa terbaik dan berprestasi di Kabupaten Karimun, salah satunya adalah Desa Penarah sudah dipastikan akan mengikuti seleksi atau lomba Desa di tingkat Kabupaten Karimun, lalu kemudian satu dari Empat terbaik, akan mengikuti Lomba Desa di tingkat Provinsi Kepri, nantinya.

Diketahui lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) yang akan di lombakan, bukan sekedar seremonial, namun sebagai tolak ukur yang merupakan kompetensi dan sekaligus evaluasi bagi Desa dan Kelurahan, secara menyeluruh di tanah air dalam membina Desa maupun Kelurahan.

Abdul Rahman, S.Pd Jas, Kepala Desa Penarah Kecamatan Belat, yang ditemui diruang kerja untuk diminta tanggapannya, Senin (10/6/2024) menyampaikan pada awak media ini.

Menurutnya, lomba desa yang akan digelar di tingkat Kabupaten Karimun nantinya, Desa Penarah merupakan salah satu Desa yang mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba tersebut.

Sebagai Kepala Desa saya bersyukur Desa Penarah telah terpilih dalam lomba tersebut, karena tidak semua desa bisa ikut serta, hanya desa yang berkembang dan cepat berkembang yang dapat mengikuti, pungkasnya.

Kendati dengan lolosnya Desa kami untuk mengikuti kegiatan lomba Desa di tingkat Kabupaten saat ini, kami bersama staf dan jajaran sedang melaksanakan berbagai persiapan, harapan kami semoga Desa Penarah dapat melaju untuk ikut di tingkat Provinsi nantinya.

Dan dengan terpilihnya Desa Penarah Kecamatan Belat, dalam lomba Desa tingkat Kabupaten, merupakan wujud keseriusan kami beserta jajaran pemerintah Desa, yang ingin membuat Desa Perah untuk lebih maju dan berkembang di masa yang akan datang.

Selain itu, terpilihnya Desa Penarah dalam lomba Desa ditingkat Kabupaten, sudah tentu berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri, Nomor 100.3.1.9-0513-Tahun 2024, tentang Penetapan Kategori Hasil Evaluasi Desa dan Kelurahan Tahun 2024, tutur Abdul Rahman, S.Pd., Jas.(Majid)