ANEWSPATRON.COM, KARIMUN – Ribuan masyarakat kabupaten Karimun tumpah ruah hadiri Pesta Durian yang di selenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Karimun di lapangan Putri Kemuning, Coastal Area, Rabu (30/8/2023).

Acara Pesta Durian tersebut merupakan rangkaian kegiatan GTRA Summit 2023 di Karimun.

Pembagian kupon yang awalnya dijadwalkan pukul 14.00 WIB, dipercepat sekitar pukul 13.30 WIB.

Salah satu pengunjung Pesta Durian Karimun merasa kecewa karena tidak dapat menukarkan kupon tersebut.

“Kecewa datang jauh kesini dari pagi berharap pulang membawa kesan baik tapi kecewa yang didapat, kupon tidak dapat ditukar dengan durian karena habis," keluh salah satu pengunjung yang tidak mau disebutkan namanya.

Selanjutnya ada juga pengunjung (sebut saja Bunga) yang mendapatkan paket durian namun tetap kecewa karena durian yang dibagikan secara gratis itu kualitasnya jauh dari harapan.



"Semula mengira akan menikmati secara gratis durian yang berkualitas bagus, ternyata hanya mendapatkan durian dengan daging yang tipis yang sudah dimasukkan dalam kemasan," ungkap Bunga.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi mengatakan Dinas Pariwisata kabupaten Karimun menyiapkan sebanyak 2500 kupon paket durian gratis atau sebanyak 3.4 ton durian untuk dibagikan ke masyarakat.

"Alhamdulillah, saat melakukan pengupasan durian, info dari tim dapat terkumpul 3000 paket dan itulah yang kita bagikan ke masyarakat pada hari ini," ujar Ahadian Zulseptriadi.

Ia juga menyebutkan buah durian yang diberikan merupakan durian lokal seperti Musang King, Duri Hitam (Black Thorn), XO, D101 dan durian Kampung. 

“Sebagian besar dari lokal (Kundur), namun ada juga yang kita datangkan dari luar daerah untuk membantu memenuhi kebutuhan durian karena di Kundur mereka tidak siap menyediakan durian sebanyak itu pada acara tersebut," jelasnya.

Kemudian, Ahadian menambahkan pemilihan durian lokal juga sebagai salah satu ajang promosi durian Kundur.

"Semoga pesta durian ini dapat menjadi salah satu ajang branding atau promosi durian-durian lokal Kundur," harapnya.

Terakhir, tak lupa juga Ahadian menyampaikan ucapan permohonan maaf kepada masyarakat Karimun dikarenakan keterbatasan kupon durian.

"Antusias masyarakat tadi sangat luar biasa, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena kupon kami terbatas," tutupnya. [Ery/ANP]